Latihan C++ #02 : Program Keliling & Luas Persegi

Anak Males – Halo apa kabar semuanya, kali ini kita akan mencoba membuat sebuah program C++ keliling luas persegi. Setelah kemarin sudah membuat sebauh program C++ keliling dan luas lingkaran. Saya yakin akan berguna untuk kamu yang masih menjabat sebagai mahasiswa baru.

Hehe kenapa saya menyebutkan akan berguna untuk mahasiswa baru ? Karena mahasiswa baru biasanya identik dengan bahasa pemrograman C++.

Itu mungkin udah masuk ke kurikulum dari dulu sih, mungkin beberapa tahun kedepannya akan berubah kurikulum pembelajaran di perkuliahan.

Ada Saran Tutorial?

Masukan saran kalian

Tapi ngga papa, C++ juga masih banyak di pakai sana sini kok oleh perusahaan besar, bahkan sekelas microsoft.

Kenapa Menggunakan C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang di buat oleh seorang ilmuan komputer yang bernama Bjarne Stroustrup pada awal tahun 1980an.

Beliau membuat bahasa pemrograman C++ karena melihat ada bahasa pemrograman yang saat itu menjadi salah satu bahasa yang menggunakan paradigma OOP. Tapi saat itu bahasa C belum bisa, jadi terbentuklah C++ yang bisa menggunakan paradigma OOP.

Bahkan ada julukan tersendiri untuk bahasa pemrograman C++ ini, yaitu “C dengan kelas”. Dari julukannya aja udah melambangkan kalau bahasa ini bisa di gunakan untuk paradigma OOP.

Dan kenapa alasan C++ di gunakan dalam kurikulum algoritma pemrograman ? Mungkin saya bisa menyimpulkan kalau bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa tingkat tinggi yang artinya hampir menyerupai bahasa manusia, bukan bahasa mesin lagi.

Oleh karena itu bahasa C++ menjadi mudah untuk di terapkan dan bisa di pelajari oleh semua orang khususnya mahasiswa baru.

Apa Itu Persegi ?

Pembahasan kali ini adalah tentang membuat sebuah program C++ untuk menghitung keliling persegi, tapi apa itu persegi.

Persegi adalah salah satu dari sekian banyaknya bentuk bangun datar dan mempunyai 4 sisi yang sama panjang dan semua sudutnya berbentuk siku siku.

Dari pengertian diatas saja udah bisa di simpulkan kalau setiap sudut persegi di bagi dua sama besarnya diagonalnya dan setiap diagonal tersebut saling tegak lurus.

Jika kamu bertanya contoh penerapan di kehidupan sehari hari adalah sisi pada dadu, atau sisi pada rubik.

Sifat Sifat Persegi

Persegi juga mempunyai sifat, bukan hanya seorang manusia yang mempunyai sebuah sifat, jadi berikut ini adalah beberapa sifat persegi yang harus kamu ketahui.

  • Mempunyai 4 sisi sama panjang seperti yang sudah saya katakan di awal
  • Setiap sudutnya terbentuk oleh sisinya yang merupakan sudut siku siku
  • Setiap diagonalnya bisa membagi 2 sama besar sudut yang terbentuk oleh sisinya
  • Perpotongan antar diagonalnya membentuk sudut siku siku.

Apa Itu Keliling ?

Keliling adalah sebuah ukuran yang diperoleh sebagai hasil penjumlahan sisi bangun datar. Jadi garis keliling adalah panjang kontur dari bangun datar tersebut.

Tapi tau ngga sih kalau istilah keliling berasal dari bahasa yunani yaitu περίμετρος yang merupakan sebuah kata yang tersusun dari prefiks περί (peri) yang artinya keliling dan μετρος (metron) yang artinya mengukur.

Cara untuk menghitung keliling ada dua variabel dasar yang perlu di perhatikan. Seperti di bawah ini yang harus kamu perhatikan kalau ingin menghitung keliling.

  • Jumlah sisi bangun datar
  • Panjang masing masing sisinya

Rumus Keliling Persegi

Nah bab berikutnya adalah mengetahui rumus keliling persegi, yang nantinya akan di gunakan ke dalam program C++.

Seperti yang sudah saya katakan kalau untuk menghitung keliling ada dua variabel, nah itu juga berlaku untuk persegi.

Rumus keliling persegi : 4 x s atau s + s + s + s

Sama saja sebenarnya kalau kamu ingin menggunakan rumus keliling persegi yang mana untuk di terapkan pada program C++.

Apa Itu Luas?

Sebenarnya sudah dibahas di artikel sebelumnya mengenai apa itu luas ? tapi kita coba bahas kembali sedikit saja.

Luas sendiri bisa diartikan “area” yang berasal dari bahasa inggris. yang mulanya diambil dari bahasa latin dengan memiliki arti sebidang tanah kosong yang rata.

Namun Luas dalam pengertian matematika adalah banyaknya satuan luas yang dapat digunakan unruk menutupi bentuk secara keseluruhan dan rata.

Rumus Luas Persegi

Oke selanjutnya kita bahas rumus persegi nya, agar mudah untuk membuat program c++ nya.

Rumus dari Luas Pesegi adalah : s x s atau sisi x sisi

Jadi dalam perhitungan Lus persegi kita butuh tau nilai dari sisi nya.

Persiapan Ngoding C++ Keliling & Luas Persegi

Ada beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum akhirnya bisa ngoding C++ keliling persegi. Sebenarnya hal ini udah sering di sebutkan pasti oleh dosen kamu.

Tapi ngga papa biar makin panjang aja ini tulisan wkwk. Jadi apa aja yang perlu kamu siapin kalau ingin ngoding C++ keliling persegi.

  • Niat
  • Tekad pantang menyerah
  • Komputer atau laptop
  • Text Editor
  • Compiter

Yaps cuma itu doang kalau kamu ingin bisa membuat sebuah program C++ terutama keliling persegi dan menjadi seorang programmer sejati.

Contoh Program C++ Keliling Persegi

Nah sudah saatnya kamu tau caranya untuk membuat program C++ tapi untuk menghitung keliling persegi.

Emang basa basinya agak panjang ya wkwk. Ngga papa lah yang penting kamu tau dasar dasarnya dulu kalau ingin membuat program C++.

Sebenarnya sangat mudah untuk mengimplementasikan rumus keliling persegi kedalam program C++.

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    cout << "------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------" << endl;
    cout << "-------------------------------------------------Keliling persegi-------------------------------------------------------" << endl;
    cout << "------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------" << endl;
    cout << endl;

    int s,keliling;
    cout << "Masukan nilai sisi persegi: ";
    cin >> s;
    keliling = 4*s;

    cout<<"Hasil dari keliling persegi :"<<keliling<<endl;

    return 0;
}

Gimana sangat mudah kan ?

Output C++ Keliling Persegi

Nah yang kamu ingin tanyakan mungkin outputnya seperti apa kan, nah kebetulan saya juga mencoba program di atas dengan menggunakan compiler codeblocks.

C++ keliling luas persegi

Nah dari output diatas akan mengahiskan keliling persegi. Dimana kamu akan di minta untuk memasukan nilai sisi persegi.

Nilai yang di masukan di output di atas adalah 5 dimana jika di masukan kedalam rumus maka sudah pasti akan menghasilkan nilai keliling persegi 20.

Contoh Program C++ Luas Persegi

Setelah tau cara membuat program c++ keliling lingkaran, sekarang kita bahas program Luas perseginya.

Sebenernya untuk program luas persegi ini tidak jauh berbeda dengan yang keliling persegi yang sudah dibahas sebelumnya. Hanya dalam pengimplementasian rumus nya saja.

#include <iostream>

using namespace std;

int main()
{
    cout << "------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------" << endl;
    cout << "-------------------------------------------------Luas persegi-----------------------------------------------------------" << endl;
    cout << "------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------" << endl;
    cout << endl;

    int s,Luas;
    cout << "Masukan nilai sisi persegi: ";
    cin >> s;
    Luas = s*s;

    cout<<"Hasil dari Luas persegi :"<<Luas<<endl;

    return 0;
}

Output C++ Luas Persegi

C++ keliling luas persegi

Dalam program ini kita diminta untuk memasukan nilai dari sisi persegi. Dari contoh diatas sisi nya bernilai 5 dan nilai luas persegi adalah 25 yang dihasilkan dari rumus luas persegi yaitu sisi x sisi.

Penutup

Okelah mungkin udah dulu untuk membuat sebuah program C++ keliling persegi, sangat mudah kan semoga bisa membantu tugas mingguan yang sedang kamu kerjakan.

Tags:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *