Apa Itu Google Ads ? Jenis dan Cara Membuat Akun

google ads

Siapa sih yang tidak tau Google ? Meskipun sekarang sudah ada pesaingnya yaitu Bing, Yandex dan Baidu, namun apakah itu akan menyurutkan pesona Google.

Data menyatakan bahwa lebih dari 3,8 juta pencarian di setiap menitnya menggunakan Google. Sampai saat ini Google masih merajai dalam hal mesin pencari.

Setidaknya, sekitar 90,8% pangsa pasar mesin pencari di seluruh dunia di miliki oleh Google.

Google saat ini sudah berkembang sangat pesat, bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa Google digunakan sebagai ladang bisnis.

Dulu, ketika kita ingin tampil di google maka kita setidaknya harus mempunyai sebuah website dan mempromosikan bisnis yang kita punya.

Contohnya saat ingin berjualan burger, kita membuat sebuah website/blog untuk menjagkau masyarakat yang lebih luas.

Namun sekarang ini, Google melunjurkan sebuah fitur yang bisa membantu pebisnis berjalan dengan sangat mudah yaitu Google Ads.

Apa itu Google Ads?

Google Ads adalah sebuah platform penyedia iklan online yang memang di peruntukan untuk pembisnis untuk mempromosikan produknya.

Seperti yang sudah kita bahas, yaitu dulu saat belum ada Google Ads, orang orang mempromosikan produknya menggunakan blog/website yang mana itu akan menguras waktu.

Memang sih bisa dengan cara cepatnya, yaitu membayar developer website untuk membuatkannya, emangnya mau ?

Google memungkinkan kita untuk membuat iklan online untuk menjangkau audiens yang tertarik dengan produk kita.

Faktanya, orang saat ini sudah ketergantungan menggunakan google, jadi setiap pencarian yang dilakukan akan menawarkan peluang untuk kita menampilkan produk kita ke lebih banyak orang.

Beberapa waktu belakangan, Google mengganti nama Google Adwords menjadi Google Ads seperti sekarang ini.

Google akan mengiklankan produk para pengiklan nya di layanan yang meraka punya seperti youtube, Google penelusuran , dan situs lain diseluruh web.

Google Ads juga memungkinkan para pengiklan untuk memilih sasaran spesifik untuk iklannya seperti mendorong panggilan telepon maupun kunjungan situs. Kemudian para pengiklan dapat mengatur anggaran dan penargetannya sesuai yang diinginkan, Serta dapat menghentikan iklan kapan pun.

Jenis Iklan Google Ads

Jika kit ingin memasang iklan menggunakan Google Ads maka ada beberapa pilihan jenis iklan dan lokasi tayangan iklannya, kita bisa memilih sesuasi kebutuhan bisnisnya.

Berikut ini adalah jenis jenis iklan yang bisa dilakukan menggunakan Google Ads.

1. Iklan di penelusuran

Google Search Ads adalah jenis iklan teks yang muncul di halaman mensin pencari Google, atau yang biasanya blogger sebut dengan SERP.

iklan penelusuran

Ketika kita menjalankan iklan pada jenis ini, maka mekanismenya adalah produk yang kita iklankan nantinya tampil di mesin pencari Google.

Jadi iklan ini akan bekerja dalam pencarian seseorang ketika mengetikan keyword sesuai keyword yang sudah ditargetkan oleh pengiklan.

Hal tersebut yang di sebut dengan search intent. Dengan cara ini, kita tentunya produk yang kita ingin jual bisa menjangkau pembeli saat mereka sedang menelusuri produk kita.

2. Iklan Shopping

Yang kedua adalah iklan Shopping. Kok shopping ? Jadi Google saat ini sudah memberikan sebuah tab khusus yaitu shopping.

ilkan shopping

Pasti pernah kan kita mencari sebuah produk tapi muncul produk seperti yang ada di gambar. Gambar tersebut adalah bentuk dari Google Shopping Ads.

Google Shopping Ads ini adalah iklan dengan basis produk. Jadi produk kita akan di tampilkan secara khusus untuk pencarian produk di Google. Sedikit berbeda dengan hasil penelusuran Google.

Iklan ini menampilkan produk kita beserta gambar produk, harga, judul produk maupun nama toko bahkan sampai ulasannya. Pada dasarnya, mereka memberi pembeli sebuah informasi produk penting bahkan sebelum mengunjungi toko online.

Google Shopping Ads sangat memperlihatkan ke para penglihat tentang gambaran sebuah produk para pengiklan sehingga memperbesar kemungkinan produk tersebut terjual.

Jenis iklan ini alangkah baiknya digunakan untuk meningkatkan lalu lintas ke toko online (e-commerce) kita dan meningkatkan penjualan, karena iklan ini cenderung iklan yang menarik secara visual dibandingkan iklan penelusuran biasa.

3. Iklan Display

Sesuai dengan namanya, iklan display adalah iklan Google yang berbasis visual gambar. Berbanding terbalik dengan iklan penelusuran Google yang memang basisnya teks. dan berdasarkan keyword.

google ads

Iklan ini bisa digunakan untuk kalian yang membutuhkan proosi produk secara lebih luas. Ikalan ini akan muncul di jutaan situs, halaman berita, blog dan situs google seperti Gmail dan youtube serta aplikasi seluler.

Jenis iklan display akan memungkinkan kita untuk menjangkau audiens yang potensial untuk tertarik dengan produk yang kita jual namun tidak melakukan aktifitas penelusuran di Google.

Selain itu, dengan cara ini kita bisa mendorong traffic kedalam situs kita sampai bisa meningkatkan penjualan kita.

4. Iklan Video

Jenis iklan ini adalah jenis yang sering kita temui ketika kita menggunakan youtube. Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa youtube merupakan salah satu dari sekian banyak channel yang di miliki oleh Google.

Cara kerja youtube mirip seperti Google Search, namun lebih spesifik kearah vidio saja. Sehingga, kita bisa menargetkan calon pembeli di Youtube berdasarkan apa yang mereka tonton.

jenis jenis

Seperti yang sudah di sentil bahwa Iklan video memungkinkan para pengiklan untuk mengiklan kan produk atau brandnya dalam bentuk video.

Meskipun iklan video kita muncul di platform youtube, namun iklan kita bisa muncul di seluruh website dan aplikasi yang berjalan di Google Video Partner

5. Iklan Aplikasi

Jika bisnis yang kita jalani mempunyai aplikasi seluler, maka dengan Google App Ads kita bisa mempromosikannya dengan campaign app di seluruh jaringan terbesar Google, termasuk Google Play, Youtube, Penelusuran bahkan Display.

google ads

Iklan ini memang ditujukan untuk mengiklankan aplikasi baik itu aplikasi android ataupunm aplikasi ios. Iklan ini berfungsi untuk menjangkau para peminat aplikasi seperti aplikasi yang kalian miliki.

Jenis iklan ini memang sedikit berbeda dengan jenis iklan lainnya. Jadi kita tidak perlu membuat iklan individual untuk campaign aplikasi.

Namun sebaliknya, iklan kita akan otomatis dirancang untuk kita.

Jadi kita hanya perlu memasukan beberapa copy text, starting bid, anggaran sampai bahasa dan lokasi untuk campaign kita.

Bagaimana Cara Membuat Akun Google Ads ?

Untuk membuat akun Google Ads adalah sebagai berikut ini.

  1. Masuk ke website Google Ads : https://ads.google.com
  2. Kemudian dari menu halaman sebelah kiri, klik Setelan, lalu Setelan sub-akun di bagian atas halaman
  3. Klik tombol Plus
  4. Selanjutnya klik Buat Akun Baru
  5. Pilih akun yang ingin kita buat : Akun Google Ads atau Akun Kampanye Pintar
  6. Dan beri nama akun baru
  7. Pilih negara dan zona waktu dari menu drop down. Harap isi dengan benar karena setelah ini tidak bisa diubah lagi nantinya
  8. Pilih mata uang tetap untuk akun ini.
  9. Klik Buat Akun

Apakah Ada Jasa Google Ads ?

Sebagai anak males, tentunya semua tulisan diatas akan merepotkan dan membuat mager hidup kita. Jadi yang akan menjadi pertanyaan adalah apakah ada Jasa Google Ads di dunia ini ya.

Dengan menggunakan jasa, maka akan mempermudah hidup kita untuk mencapai tujuan.

Jika pertanyaannya adalah apakah ada Jasa Google Ads, maka jawabannya pasti ada. Di google sudah banyak berkeliaran untuk jasa seperti ini.

Dengan menggunakan jasa ini kita bisa mendapatkan banyak manfaat terutama untuk kaum pemales. Emangnya apa aja sih yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan jasa google ads ?.

Berikut ini adalah beberapa hal yang akan kita dapatkan :

  • Yang pertama kita akan diaturkan iklan yang ingin kita pasang mulai dari pembuatan akun, merancang campaign, keyword, billing dan masih banyak lagi. Jadi kita tidak harus membuat akun sendiri.
  • Kemudian kita akan dicarikan rekomendasi keyword yang relevan supaya iklan kita di jangkau ke pembeli yang tepat dan bisa meningkatkan penjualan.
  • Kita akan dibuatkan iklan yang tertarget berdasarkan audiens, lokasi, device, sampai dengan targeting berdasarkan hari dan jam.
  • Lalu kita dipasangkan conversion tracking yang akan membantu kita mengetahui seberapa banyak conversion yang di hasilkan dari Google Ads kita.
  • Selanjutnya kita juga akan di arahkan untuk memilih website populer yang cocok untuk placement iklan kita.
  • Biasanya tim kreatifnya pun juga akan membuatkan design banner iklan yang menarik agar berpotensi untuk di klik.

Dari semua poin tersebut sudah termasuk paket lengkap karena kita hanya tinggal duduk manis sambil menyeruput kopi panas.

Tanpa perlu pusing memikirkan bagaimana caranya mempromosikan produk kita.


Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *